World Rafting Championship 2022
Hilir Hulu di Jeram Jeram Kejuaraan Dunia
Banjaluka

oleh -394 Dilihat
oleh


Faktaexpose.com – Satu medali emas lagi diraih tim Indonesia di WRC 2022 Bosnia and Herzegovina dari tim Yunior U23 Indonesia di nomor slalom. Slalom di Sungai Vrbas, Banjaluka, Bosnia. Sementara mereka meraih peringkat tertinggi secara keseluruhan setelah menyelesaikan Sprint pada posisi 4 dan Head to Head (H2H) pada posisi 1. Menurut pelatih Aceng Supendi, tim Yunior bertekad untuk mengambil kemenangan di nomor terakhir DRR yang akan dilaksanakan dua hari lagi di sungai Tara-Foca.
Sementara di nomor Slalom menempatkan tim Masters Women Indonesia (WMI) yang didukung oleh Bsnk BTN dan PT Timah pada posisi di peringkat 5.
Lomba Slalom adalah lomba yang dianggap paling bergengsi oleh karena menguji ketrampilan teknik para peserta dalam melalui jeram dimana ditempatkan sebanyak1 14 gawang. Terdapat 2 macam gawang yaitu gawang hijau yang harus dimasuki dari hulu ke hilir dan gawang merah yang harus dimasuki dari hilir ke hulu.
Lintasan jalur pada lomba ini berarus kencang sehingga dibutuhkan ketrampilan yang tinggi untuk dapat melaluinya . Sebanyak 6 gawang dipasang untuk mengarah ke hulu (upstream) dimana dua diantaranya sangat sulit untuk dapat dilalui. Beberapa gawang juga ditempatkan di depan batu dan memotong jeram sehingga apabila kurang cermat dalam melewatinya dapat menyebabkan perahu terbalik atau terperangkap menempel di batu. Satu gawang upstream yaitu no tiga ditempatkan setelah gawang no 2 yang juga mengarah ke hulu dimana peserta harus melakukan transfer atau traversing dari kiri ke kanan sungai menyeberangi jeram besar.
Dalam nomor Slalom ini setiap peserta mendapat giliran dua kali pengatungan dan akan diambil waktu terbaik dari kedua pengarungan tersebut. Pada etape pertama tim Masters sempat menduduki ranking, namun secara keseluruhan menduduki ranking lima.
Kejuaraan dunia arung jeram tahun 2022 pada 29 Mei telah menuntaskan disiplin ketiga. Ini adalah perlombaan terakhir di sungai Vrbas, Banjaluka, Bosnia Herzegovina, Eropa. Hasil slalom untuk Womens Masters adalah Slovakia berada pada peringkat teratas. Diikuti dengan Argentina dan Czech Republic di urutan ketiga.
Sedangkan tim Yunior Putri U23, peringkat kedua diambil Canada, dan menempatkan Slovakia di urutan ketiga.
Kedua putri tim nasional ini akan mengikuti lomba berikut, Down River Race (DRR) pada 1 Juni. Seluruh peserta setelah jeda untuk perjalanan ke Foca di Sungai Tarra .
WRC diselenggarakan oleh federasi arung jeram anggota International Rafting Federation (IRF) (pr)

Baca Juga  Kapolres Aceh Timur, Bersama Pj Bupati Aceh Timur Lepas Peserta TAKAT II Tahun 2023

Untuk informasi lebih lanjut dapat mengakses:
https://faji.org/ ; https://www.internationalrafting.com/
Narahubung:
Diah Bisono
Email: diahbison@gmail.com; WA: 08161850621
Ig. @masterswomen_inarafting

Tim MWI 2022 didukung oleh: Bank BTN, PT TIMAH, ADARO Energy, Eiger Adventure, Radjak Hospital, Herbalife, Arus Liar Adventure, Bravo Adventure, Physioutdoor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *