Tokoh Pemuda Sulawesi di Hari Kebangkitan Nasional Ajak Generasi Bangsa Memajukan Negara Dengan Semangat Untuk Bangkit

oleh -948 Dilihat
oleh

Faktaexpose.com, JAKARTA – Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas merupakan hari nasional yang diperingati pada tanggal 20 Mei setiap tahunnya. Pada tahun ini merupakan peringatan Harkitnas ke-115.

Untuk diketahui mengacu sejarah Harkitnas pada Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959, Hari Kebangkitan Nasional adalah hari nasional namun bukan menjadi hari libur.

Cikal bakal Hari Kebangkitan Nasional tak lepas dari peran organisasi Budi Utomo yang didirikan pada 20 Mei 1908.

Pada era 1920-1930, kesadaran nasional mulai tumbuh. Organisasi mulai terbentuk untuk menyuarakan kebangkitan anti-kolonialisme, salah satunya Budi Utomo.

Tujuan organiasai ini adalah untuk menjadikan negara Indonesia terhormat melalui pergerakan dalam bidang pengajaran, pendidikan, dan kebudayaan

Menyimak sejarah Harkitnas dan memberikan semangat kebangkitan nasional tokoh pemuda asal Sulawesi Daenk Jamal menyampaikan pesan pada generasi muda ditahun politik tahun ini agar tidak pengaruh menjadi perbedaan dan tidak cepat terpropokasi yang membuat perpecahan bangsa.

Baca Juga  Bhabinkamtibmas Kedaung Kaliangke Cengkareng Sambang Warga Saat Berqurban, Ada Peningkatan Warga Berqurban

” Pesan saya dihari kebangkitan nasional tahun ini dan menghadapi tahun politik kita harus menjaga persatuan dan kesatuan, meski dalam perbedaan dan jangan mudah terpropokasi yang bisa mengahancurkan kebangsaan, kita jaga persatuan dan kesatuan,” kata Daenk Jamal disela waktunya mengadiri Muscalub PPBNI Jakarta Utara di Penajringan, Sabtu (20/5/2023).

Kembali dirinya menyampaikan, Kata dia hari kebangkitan nasional ke 115 untuk dijadikan kebangkitan kita sebagai anak bangsa untuk memajukan bangsa dan negara dengan prestasi yang baik. Seperti halnya kemampuan dibidang pertanian, teknologi, industri dan olah raga,” tutur Daenk Jamal.

Lanjut Daenk Jamal, Mari kita semangat untuk bangkit bersama seluruh anak bangsa dari Sabang sampai Marauke, kita memajukan kebangkitan Indonesia dimata dunia.

(Yons)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *