Tingkatkan Pelayanan Faskes Masyarakat RSUD Kalideres Menjadi Tipe C

oleh -294 Dilihat
oleh

Faktaexpose.com Jakarta – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kalideres, Jakarta Barat yang diresmikan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pada medio Oktober lalu terus meningkatkan fasilitas dan layanannya untuk masyarakat.

dr. Diah Anggraini, Direktur RSUD Kalideres mengatakan RSUD Kalideres yang telah menjadi RSU Daerah pada April 2015 lalu itu telah memiliki sejumlah fasilitas dan layanan kesehatan yang akan terus ditingkatkan seperti layanan Computerized Tomography Scan atau CT Scan dalam waktu dekat akan ada.

“Sebenarnya fasilitas dan layanan di rumah sakit ini sudah banyak, sebentar lagi CT Scan akan ada,” ujar dr. Diah dalam bincang-bincang santai bersama Kornelius Naibaho, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jakarta Barat didampingi Zahara Sitio atau Tio selaku Sekretaris di RSUD Kaliders, Jumat (17/11/2023).

dokter yang sebelumnya pernah menjabat Kepala Puskesmas Kelapa Gading itu menambahkan saat ini dirinya bersama jajaran RSUD Kalideres ke depan akan terus melakukan peningkatan dan penambahan layanan-layanan baru yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

“Termasuk layanan-layanan unggulan di RSUD Kalideres akan terus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat,” katanya.

Saat ini, kata dokter Diah, rata-rata per hari masyarakat yang datang berobat di poli rawat jalanRSUD Kalideres sekitar 300-an, belum termasuk pasien yang berobat di IGD.

Untuk kamar rawat inap sendiri, RSUD Kalideres telah tersedia sekitar 100 tempat tidur.

dokter Diah juga mengakui penambahan layanan-layanan ini masih terkendala dengan sumber daya manusia yang ada di RSUD Kalideres, contohnya di critical care unit

Pada kesempatan tersebut, Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kesehatan Jakarta Barat Erizon Safari yang datang melakukan sidak layanan ke RSUD Kalideres menyampaikan bahwa RSUD Kalideres saat ini sudah menjadi rumah sakit tipe C.

Baca Juga  Dugaan RPTRA Kalijodo Kembali JadiTempat Prostitusi, Dibantah Oleh Beberapa Tokoh Ormas

Erizon berharap agar layanan di RSUD Kalideres terus ditingkatkan, termasuk ketersediaan spesialnya juga ditambah, sarana dan prasaranan juga ditambah supaya penyakit-penyakit yang seharusnya dirujuk ke tipe B bisa tuntas ditangani di rumah sakit ini.

Kornelius Naibaho, Ketua PWI Jakarta Barat sangat menyambut baik kehadiran RSUD Kalideres dengan segala fasilitas dan layanannya.

“Semoga fasilitas dan layanan di RSUD Kalideres ini terus ditambah sehingga masyarakat yang datang berobat maupun konsultasi kesehatan dapat tertangani dengan baik dan cepat,” ujar Kornelius sambil mengajak dr Diah untuk berkolaborasi dalam hal publikasi kegiatan dan layanan di RSUD Kalideres.

Kornelius juga mengajak dr Diah Anggraini untuk menjadi narasumber di Podcast PWI Jakarta Barat sehingga masyarakat terutama yang ada di Kalideres dan Cengkareng semakin mengetahui fasilitas dan layanan yang dimiliki RSUD Kalideres.

Sebagai informasi, RSUD Kalideres saat ini memiliki sejumlah layanan seperti IGD 24 Jam, ICU, HCU, NICU dan PICU.

Ada juga ruang operasi, ruang bersalin, ruang rawat inap, ruang isolasi dan ruang perina.

Sedankan untuk layanan rawat jalan ada klinik anak, klinik penyakit dalam, klinik kebidanan dan kandungan, klinik THT-KL, klinik mata, klinik bedah, klinik paru dan syaraf, klinik konservasi gigi, klinik orthodonti, klinik prosthodonti, klinik jantung dan pembuluh darah, klinik rehabilitasi medik, klinik umum, klinik gigi, klinik medical check up (MCU).

Untuk layanan penunjang ada radiologi, laboratorium, farmasi, fisioterapi dan gizi.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *