Tarik Tambang Masih Jadi Idola Masyarakat

oleh -307 Dilihat
oleh

MALANGKAB, faktaexpose.com – Permainan Tarik Tambang masih menjadi idola masyarakat. Maka dari itu Dr. Miskat, SH., MH. selaku Wakil Ketua DPRD Kab. Malang, hadiri perlombaan tarik tambang yang diselenggarakan di desa Sumberputih, Kec. Wajak, Kab. Malang, Jum’at malam (18/11’22).

“Tarik tambang adalah jenis permainan tradisional sederhana, yang menggunakan tali tambang sebagai alat permainannya. Dalam permainannya dilakukan secara berkelompok, serta membutuhkan kekuatan dan kekompakan para pemainnya. Biasanya, setiap regu dari permainan ini terdiri dari 3 orang atau lebih, yang berdiri sesuai dengan urutan strategi regunya,” ulas Miskat.

Miskat yang juga selaku Ketua DPD Barisan Pemuda Nusantara (BAPERA) Kab. Malang, menjelaskan, “Bahwa manfaat utama dalam permainan tarik tambang dapat dilihat dari segi sosial dan kesehatan para pemainnya. Secara sosial, tarik tambang dapat melatih kekompakan dan kerja sama setiap anggota dalam sebuah regu, serta melatih kepemimpinan dan daya juang,” jelasnya.

Baca Juga  Meriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia, Satgas Yonif 126/KC Bagikan Bendera Merah Putih Kepada Masyarakat Di Perbatasan Papua

Sementara itu, dari segi kesehatan, dengan memainkan permainan tarik tambang, kekuatan fisik dapat terlatih, meliputi otot tangan dan kaki para pemainnya. Hal ini dapat dilihat melalui kuda-kuda dan sikap pasang yang dilakukan sebelum tarik tambang dimulai, imbuhnya pula.

Yang menjadikan beda dari permainan tarik tambang ini dibandingkan dengan tarik tambang lainnya, bahwa didalam perlombaan diberikan waktu 5 untuk persiapan, sebelum lomba dimulai. Misalnya peserta membuat lubang sebagai pijakan, sejumlah anggota per regu. Adapun Anggita regu dalam perlombaan ini berjumlah 6 orang, tutup Miskat.

Perlombaan tarik tambang ini diikuti oleh peserta se-Malang Raya, dan dilaksanakan pada malam hari, serta diperlombakan sebanyak 2 kali, masing-masing ditentukan dengan 2 kali kemenangan. Salam Satu Jiwa ! (John)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *