Serba Serbi Lebaran, Pedagang Musiman Mulai Ramaikan Pasar Tradisional Pesing Kedoya

oleh -236 Dilihat
oleh

Faktaexpose.com, JAKARTA – Jelang lebaran Idul Fitri 2023 sudah nampak terasa didepan mata, hal ini ditandai suasana lebaran terasa adanya pedagang musiman untuk kebutuhan lebaran, Kamis (20/4/2023).

Dipasar tradisional Pesing Koneng, Kedoya Utara Kebon Jeruk Jakarta Barat dipadati pembeli khususnya kaum Hawa yang mendominasi sejak subuh memburu belanjaan yang di cari.

Serba Serbi Lebaran Faktaexpose.com memantau dilokasi dan menanyakan Aca (52) salah seorang pedagang daging kerbau yang setiap tahun Idul Fitri selalu ada didepan Pasar Inpres Kedoya Pesing

Daging kerbau yang ditawarkan ke pembeli Rp.200.000,- perkilonya atau lebih tinggi dari harga daging Sapi. Dan saat ini harga daging sapi Rp 170.000 perkilonya bahkan mencapai Rp180.000,-.

Kata Aca daging kerbau lebih tinggi harganya beda rasa dan banyak yang suka di hari raya lebaran idul fitri, khusus hanya orang tertentu saja.

” Daging kerbau rasa seratnya beda dengan sapi, pembeli umumnya orang tertentu saja, daging kerbau biasanya untuk hari lebaran dimasak semur kecap,” kata Aca.

Kewajaran harga daging kerbau lebih tinggi dari daging sapi dikatakan Aca, kata Dia daging kerbau banyak dicari kemudian pedagangnya hanya satu atau dua tidak sebanyak pedagang daging sapi.

Baca Juga  Alasan Sandal Jepit Dibuat Agar Jempol Terpisah Dengan Jari Lain

” Bagi saya wajar , karena daging kerbau selain beda rasa dengan daging sapi pedagangnya juga satu atau dua orang saja, tidak sebanyak pedagang daging sapi,” ujarnya.

Lanjut, Dan belum tentu ada pedagang daging kerbau setiap harinya bisa dibilang musiman, adanya saat hari raya lebaran saja,” tukasnya.

Lain Halnya Riman pedagang ketupat musiman yang datang dari Tangerang, sejak subuh dia sudah jajakan kulit ketupat lebaran.

Riman menjual kulit ketupat dihargai Rp.8.000 isi sepuluh kulit ketupat yang sudah ia kemas rencengan persepuluhan.

” Delapan ribu aj saya jual isi 10 serencengnya, kalau ambil dua renceng Rp.15.000,-” kata Riman.

Dia juga jeelaskan, kulit ketupat yang dia jajakan dari pengrajin (perangkai) ketupat di daeranya Tangerang.

” Ya boleh beli juga dari daerah saya, banyak yang buat kalau mau lebaran pada bikin ketupat, umunya perempuan ada juga lakinya dan anak anak muda,” pungkasnya.

Riman membawa kulit ketupat dua isi kantong besar, satu kantong besar sekitar 500 kulit ketupat yang dibuat dari pelepah daun muda kelapa (biasa untuk dirangkai janur).

“Ya Allhandulillah hasilnya dari pada bengong gak ada kegiatan, buat tambah tambahan lebaran,” tuturnya.

(Yons)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *