PT Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa Menangkan Gugatan Kepemilikan Tanah di Jalan Lodan No.43 Ancol Jakarta Utara

oleh -336 Dilihat
oleh

Faktaexpose.com, JAKARTA – Kejaksaan Negeri Jakarta Utara mendapat apresiasi dari PT Pelabuhan Indonesia Regional 2 Sunda Kelapa memberikan putusan memenangkan gugatan
tanah sengketa di Jalan Lodan melawan PT Artha Sempana.

Setidaknya dari keputusan itu telah menyelamatkan dan sekaligus memulihkan aset PT Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa di daerah Lodan, Kelurahan Ancol, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kerja keras Jaksa Pengacara Negara bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (JPN Datun) Kejari Jakarta Utara selaku kuasa PT Pelindo.

Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Utara Atang Pujiyanto mengatakan Mahkamah Agung dalam putusan di tingkat kasasi Nomor: 3200 K/Pdt/2022 menyatakan PT Pelindo adalah pemilik sah  tanah HPL 7/Ancol seluas 5.564 meter persegi di Jalan Lodan Nomor 43, Kelurahan Ancol.

“Selain itu Mahkamah Agung menghukum PT Artha Sempana membayar kerugian materiil kepada PT Pelindo sebesar Rp2,286 miliar,” ungkap Atang melalui Kasi Datun Dody Witjaksono diikutip dari Independens.com, Senin malam (21/11/2022).

Dody mengatakan berkat kemenangan dalam perkara Nomor 194/Pdt.G/2019/PN.Jkt.Utr atas tanah bagian HPL 7/Ancol, pihaknya sekaligus menyelamatkan aset PT Pelindo senilai Rp95,951 miliar.

“Jika disertai dengan putusan rekonvesi sebesar Rp2,281 miliar yang harus dibayar PT Artha Sempana kepada PT Pelindo maka total aset PT Pelindo yang berhasil kita pulihkan sebesar Rp98,2 miliar lebih,” tuturnya.

Sementara itu Kepala PT Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa Kurnia Jaya menyampaikan tertulis kepada faktaexpose.com Selasa (22/11/2022),” Kepada Kejari Jakarta Utara terkait progres bantuan dan pendampingan hukum dari Jaksa Pengacara Negara Kajari Jakarta Utara dalam pendampingan Kasasi atas perkara No.194/Pdt.G/2019/PN Jakut di Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang terdiri di atas tanah bagian HPL 7/Ancol atas nama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Sunda Kelapa yang berlokasi di jalan Lodan no.43 Kelurahan Ancol, Pademangan Jakarta Utara.” beber Kurnia.

Baca Juga  Kapolsek Tanjung Duren : Ada 3 Vihara di Gropet, Hanya Dua Yang di Buka Untuk Sembahyang Perayaan Imlek, Satu Vihara Laksanakan Secara Online

Dia Melanjutkan, Terkait dengan bantuan hukum untuk melakukan Kasasi atas perkara nomor yang kami telah sebutkan tadi diatas dan telah kami terima putusan dari Mahkamah Agung RI nomor 3200 K/Pdt/2022 pada tanggal 17 Oktober 2022,” ungkap Kepala PT Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa.

Dia menyebutkan, PT Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa sebagai pemilik sah atas bidang tanah yang terletak di Jalan Lodan Nomor 43, Kelurahan Ancol, Pasemangan Jakarta Utara seluas 5.564 m2.

Dan menyatakan SAH dan memiliki kekuatan hukum atas surat perjanjian penyerahan penggunaan bagian tanah hak pengelolaan Pelabuhan dengan pemberian Hak Guna Bangunan (HGB) No.JK.566/3/18/C. Pska-92 tertanggal 16 September 1992,” sebut Kurnia

Dia menambahkan keberhasilan dari Kejari Jakarta Utara kami berikan apresiasi dan penghargaan melalui surat Nomor : HK.03/18/11/1/B1.1/GM/SKA-22 yang kami tandatangani dan kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dan pendampingan hukum dalam penanganan lahan PT Artha Sempana,” tutup Kurnia.

(Yons)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *