Pengunjung Buru Ragam Kuliner Aceh Timur

oleh -91 Dilihat
oleh

Faktaexpose.com.Banda Aceh — Sejak dibuka bazar kuliner di Arena Anjungan Kabupaten Aceh Timur. Pengunjung dari berbagai daerah mulai memburu jajanan kuliner khas.

Ragam kuliner khas asal kabupaten yang terletak di bagian Pantai Timur Aceh ini di pamer setiap harinya selama PKA berlangsung.

“Setiap hari ada sajian kuliner bervariasi kita pamerkan. Kuliner ini original dari berbagai daerah di kabupaten Aceh Timur,” ujar Dra. Zuhrawati, Koordinator Stand Kuliner Aceh Timur, Sabtu 4 November 2023

Dra. Zuhrawati mengatakan ada 18 kuliner dari stand Aceh Timur yaitu Batari Bandeng Tanpa Duri, Ikan bakar Dek Mona, Ikan bakar Pak Tiar, Kari kambing pak Is, Cek Man Kolding, .

Selain itu ada makanan lainnya rujak Blang Bitra, Mie Blang Bugeng, Mie Kocok Jamno IDI, Bhoi, Kue Keukarah, Haluwa, Mieu Keung Peureulak Bakpia Dapoe Ustrah, Kue Lemang Julok, Pulot ijo dan ragam kuliner lainya.

Baca Juga  Sinergi IDMI dan Mitsuba gelar Aksi Kemanusiaan Gempa Cianjur

“Sementara jajanan yang paling diburu pisang sale dari wisata kuliner Karona yang merupakan pusat oleh- oleh dari kabupaten ini,” kata Zuhra.

Sementara itu tidak hanya pameran k UU Kuliner dalam rangka menyukseskan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 Pemerintah Kabupaten Aceh Timur bakal mempromosi sebanyak 100 item cagar budaya.

Selain mempromosi sebanyak 100 item dalam ajungan cagar budaya, Dekranasda juga menampilkan berbagai kerajinan tangan masyarakat seperti kain tenun, anyaman pandan, wadah batok, dan tikar. Selain itu, sesuai dengan tema rempahkan bumi pulihkan dunia juga memaerkan kulit maneh, kunyit dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *