Pemkab Aceh
Timur Resmikan Rumah Pemberdayaan Ibu Dan Anak

oleh -58 Dilihat

Aceh Timur, |Faktaexpose.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur meresmikan pemanfaatan Rumah Pemberdayaan Ibu dan Anak (RPIA) Julok, Kamis (1/9) di Desa Ladang Baro, Kecamatan Julok. Peresmian dilakukan oleh Penjabat (Pj) Bupati Aceh Timur Ir. Mahyuddin M.Si. Dia berharap, RPIA yang digagas PT Medco E & P Malaka (Medco E&P) dan Badan Pengelola Minyak dan Gas Bumi Aceh (BPMA) bermanfaat bagi masyarakat sekitar area operasi Blok A.

RPIA untuk mendorong pemberdayaan masyarakat, khususnya ibu dan anak. Berbagai kegiatan bidang pendidikan akan dirancang antara lain, literasi anak, layanan pustaka, tebar inspirasi, dan bimbingan belajar. Sementara kegiatan kesehatan dan lingkungan dalam bentuk dukungan posyandu untuk ibu hamil, balita, dan lansia, serta penyuluhan kesehatan. RPIA juga akan menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan ekonomi, seperti pelatihan keterampilan dan pendampingan membuat kue, budidaya lele, menjahit, dan lain-lain.

Camat Julok, Adnan, S. Ag, mengatakan, RPIA harus bisa memberi manfaat pada warga, khususnya dengan menyediakan fasilitas pembelajaran yang dibutuhkan. “RPIA akan sangat membantu pendidikan terutama bagi anak sekolah melalui tutor pendamping belajar.” Sementara itu, Safrina, Ibu Geuchik Ladang Baro, mengapresiasi kegiatan RPIA.

Baca Juga  Bantu Warga Kurang Mampu Lewat PJB, Merupakan Rutinitas Kodim 0104/Atim Setiap Hari Jum'at

Sebelumnya, Medco E&P bekerja sama dengan Medco Foundation juga telah mengoperasikan RPIA di Kecamatan Indra Makmu yang kini telah menjadi pusat kegiatan pembelajaran dan pemberdayaan ibu dan anak. Pada RPIA pertama ini dilakukan kegiatan rutin belajar bagi anak/siswa mulai dari menulis, membaca, bahasa Inggris hingga komputer. Selain itu, juga rutin menggelar penyuluhan kesehatan seperti memerangi kondisi gagal tumbuh dan kekurangan gizi bagi ibu hamil dan menyusui.

VP Relations & Security Medco E&P Arif Rinaldi mengatakan, keberadaan Medco E&P di Blok A, selain menjalankan upaya mendukung ketahanan energi nasional, juga turut memberdayakan masyarakat. “Oleh karena itu, Perusahaan terus melakukan berbagai program pengembangan masyarakat sesuai kebutuhan,” ujar Arif Rinaldi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.