Nur Hidayah Jamal : Atas Perjuangan Jasa RA Kartini Kita Bisa

oleh -108 Dilihat
oleh
oppo_0

Faktaexpose.com, JAKARTA – Raden Ajeng Kartini sosok pahlawan wanita Indonesia yang memperjuangkan kaum wanita di dunia pendidikan, hingga membuat kesetaraan antara wanita terhadap kaum laki laki atau emansipasi, untuk kemajuan bangsa Indonesia, Minggu (21/4/2024).

Kartini lahir pada 21 April 1879 di Mayong afdeling Japara atau kini kabupaten Jepara. R A Kartini berasal dari keluarga priyayi atau bangsawan Jawa di Jepara. Ayahnya, Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat adalah bupati di sana.

Perjuangan Kartini saat itu di zaman kolonial Belanda kaum wanita tidak mendapat keadilan di dunia pendidikan secara merata, Dan wanita wanita kaum bangsawan saja yang bisa dapat menempuh pendidikan.

Dan dengan tertulis buku Habis Gelap Terbitlah Terang, itulah buku yang diartikan kegelapan wanita indonesia di dunia pendidikan kemudian memberikan terang kepada wanita wanita Indonesia yang diperjuangan RA Kartini

Kemampuan gigih atas perjuangan Kartini, saat ini banyak dirasakan wanita Indonesia lebih mengenal pengetahuan danenciptakan emansipasi wanita untuk kesetaraan terhadap kaum laki laki.

Baca Juga  Ribuan Botol Berisi Miras di Musnahkan Polres Pati

Nur Hidayah Jamal seorang ibu yang selalu mendapingi Daenk Jamal dalam kesehariaannya, Menurut dia Kartini wanita sosok yang memberi penegakan keadilan dalam dunia pendidikan terhadap kaum wanita Indonesia.

” Karena Kartini, kita sebagai wanita Indonesia bisa memberi kemajuan dalam hal apapun, baik dari sisi ilmu untuk berpikir, bahkan melahirkan generasi muda yang baik,” ujar istri Daenk Jamal.

Masih kata dirinya, Dihari ini tepatnya 21 April, hari lahirnya Kartini kita berikan doa untuk mengenang jasa jasanya. Kemudian kita lanjutkan perjuangan Kartini dengan memberi pendidikan dan perhatian kepada generasi kita kedepan dengan baik.

Tidak terlepas itu, Nur Hidayah berpesan kepada wanita Indonesia untuk selalu semangat meneruskan perjuangan Kartini, ” Selamat hari Kartini, Karena Kartini kita Bisa,” tandasnya.

(Yons)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *