MISKAT HADIRI PANEN RAYA PERDANA IKAN NILA DI KAWASAN MINA MENDONG

oleh -111 Dilihat

Faktaexpose.com MALANGKAB – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang, Miskat, SH., MH., hadiri panen perdana ikan nila di kawasan Mina Mendong, dusun pijetan, desa Blayu, kecamatan Wajak, kabupaten Malang, Kamis pagi (10/3’22).

Miskat hadir dalam menyerap aspirasi masyarakat, dimana pada masa pasca normal pandemi Covid-19 di awal tahun 2022, masyarakat yang tergabung dalam Pokdakan Mina Mendong tidak surut dalam mengembangkan budidaya ikan nila, bahkan sekarang melakukan Panen Raya Perdana Ikan Nila.

Dalam sambutannya Hariyanto selaku selaku Kepala Desa Blayu, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, mengatakan, “Budidaya ikan nila yang dikembangkan di kawasan Mina Mendong, kemungkinan pertama di Kabupaten Malang, mungkin juga bisa di Indonesia,” katanya.

“Saya senang karena masyarakat bersemangat didalam berbudidaya, dan jika nanti akan booming, dan panen akan meledak, yang akan menjadi kebingungan adalah pasar untuk penjualan,” ungkap Hariyanto.

Untuk itu, saya mohon kepada dewan sebagai wakil rakyat, dan dinas perikanan, agar dapat membantu dalam pemasarannya bilamana nanti meledak dalam panen ikan nila ini, mohonnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Miskat, menyampaikan, “Pak Kades dan masyarakat desa Blayu, khususnya dusun Pijetan, jangan khawatir, karena saya selaku wakil rakyat akan selalu membantu mencarikan solusi didalam pemasaran,” tegasnya.

Selain itu, masyarakat yang ada di Pokdakan Mina Mendong jangan sungkan-sungkan berkomunikasi dengan saya, untuk menyampaikan aspirasinya,” pesan Miskat.

Demikian juga disampaikan oleh Atokilah selaku Penyuluh Perikanan dari Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) Provinsi Jawa Timur, bahwa Kecamatan Wajak sudah diputuskan menjadi Sentra Budidaya Ikan Nila, khususnya Kawasan Mina Mendong, jadi pemerintah sudah pasti akan ikut bertanggungjawab didalam pengawasan, sampai juga adanya solusi pemasaran, ungkap atok.

Tampak Miskat yang juga praktisi Partai Golkar ini, memberikan makan kepada ikan nila, yang didampingi oleh Ir. Rini Pandan Arum Kabid Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Agus Andrianto Ketua Pokdakan Mina Mendong, dan Giren selaku sesepuh yang mendukung budidaya ikan nila di kawasan Mina Mendong.

Baca Juga  Kegiatan Rembuk Stunting Aceh Timur Dibuka Oleh Pj Bupati Ir Mahyuddin M.Si

Di waktu yang sama Ketua Pokdakan Mina Mendong Agus Andrianto, yang biasa dipanggil andri, menjelaskan, bahwa budidaya ikan nila di kawasan Mina Mendong untuk sementara menggunakan area lahan seluas 1 hektar, dengan terbagi dalam 12 petak. Yang mana setiap petak ditebar bibit ikan ada yang 2.500 ekor dan 5.000 ekor, jadi totalnya ada sekitar 43.000 ekor, jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Victor Sembiring, S.Pt ME, yang dihubungi faktaexpose.com lewat telpon selular, bahwa kecamatan Wajak termasuk sentra yang sudah ditetapkan oleh oleh Bupati Malang, Gubernur Jawa Timur serta Menteri Kelautan dan Perikanan RI pd Tahun 2009, katanya.

Pada Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Malang mengalokasikan anggaran lewat Dinas Perikanan dgn kegiatan diantaranya adalah Pengembangan Kawasan Mina Mendong di Desa Blayu, Desa Wajak dan Desa Sukoanyar Kec. Wajak dengan luasan sawah mina mendong sekitar 3 Hektar (Ha), ungkap Victor.

Kegiatan Budidaya Nila dalam kawasan minapolitan ini mendapat respon dan antusias yg baik dari para pembudidaya ikan di Kecamatan Wajak, imbuhnya.

Harapan Pemerintah Kabupaten Malang, Budidaya Nila bisa menjadi sumber perekonomian masyarakat dalam mensukseskan tercapainya Minapolitan di Kabupaten Malang, harapnya.

Dan untuk panen ikan nila hari ini di Kawasan Mina Mendong, dusun Pijetan, Desa Blayu, Kecamatan Wajak, sebanyak 400 kg. Hal ini panen dilakukan bertahap, sesuai pemenuhan pasar, tutupnya.

Kegiatan Panen Raya Ikan Nila di Kawasan Mina Mendong ini dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Miskat, SH., MH., Atokilah PPL BRSDMKP Prov. Jawa Timur dan jajaran, Ir. Rini Pandan Arum Kabid Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Malang dan jajaran, Hariyanto Kepala Desa Blayu, dan para anggota Pokdakan Mina Mendong desa Blayu. (John)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.