Menteri KLHK Resmikan SPKLU Untuk Mengurangi Emisi C02

oleh -85 Dilihat
oleh

Faktaexpose.com – JAKARTA – Dengan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan beralih ke kendaraan listrik yang menggunakan energi terbarukan, kita dapat mengurangi emisi CO2 dan dampak negatifnya terhadap perubahan iklim, Hal ini disampaikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya pada sambutannya, saat meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kantor KLHK, Gelora, Jakarta Pusat, Minggu (9/6/2024).

Siti Nurbaya melanjutkan pihaknya juga mendorong penuh penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Untuk itu di internal KLHK, Siti Nurbaya telah mengajak seluruh jajaran Eselon I KLHK untuk menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas sehari-hari.

“Emisi gas buang dari kendaraan BBM fosil terbesar penyumbang utama dari polusi udara. Oleh karena itu transisi kendaraan berbahan bakar fosil ke listrik adalah solusi penting yang harus kita dorong dan implementasikan,” ungkap Siti Nurbaya.

Di waktu kebersamaan, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan sebagai salah satu BUMN yang diberikan mandat untuk mengawal transisi energi di Indonesia, PLN terus berupaya menjalankan aksi nyata untuk mewujudkan Indonesia bebas emisi karbon di tahun 2060. Salah satunya dengan pembangunan infrastruktur EV secara masif.

”PLN siap mendukung transisi energi di tanah air salah satunya lewat penyediaan infrastruktur EV secara masif. Secara kontinyu infrastruktur itu terus kami bangun dari hulu ke hilir sehingga masyarakat tidak khawatir lagi untuk menggunakan kendaraan listrik, karena infrastrukturnya sudah siap,” ujar Darmawan.

Baca Juga  Kapolsek Metro Tamansari Silahturahmi ke PWI Jakarta Barat

Sementara itu General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya Lasiran menyampaikan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya PLN telah membangun sebanyak 113 SPKLU di 98 lokasi yang dapat beroperasi selama 24 jam nonstop. Lasiran menegaskan PLN akan terus membangun SPKLU khususnya di lokasi yang mudah dijangkau masyarakat.

“Kami akan terus menambah SPKLU khususnya pada tempat-tempat umum yang mudah diakses masyarakat, seperti mall, terminal, stasiun, tempat parkir umum, hingga rest area,” ujar Lasiran.

Guna memudahkan masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik, PLN kata Lasiran juga telah menyediakan EV Digital Services (EVDS) di Super App PLN Mobile yang bisa sangat mudah diakses masyarakat lewat gawai pribadi.

”Dengan dukungan digitalisasi, kini masyarakat bisa menikmati layanan khusus kendaraan listrik mulai dari mencari keberadaan SPKLU dan SPBKLU, kemudian juga bisa mengajukan layanan home charging services, melakukan test-drive hingga melakukan pembelian kendaraan listrik di PLN Mobile,” jelas Lasiran.

Tidak hanya peresmian SPKLU, rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tersebut dimeriahkan juga dengan konvoi motor listrik yang diikuti ratusan peserta terdiri dari pegawai KLHK, PLN, serta komunitas motor listrik Elders.

(Yons)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *