Maknai Idul Adha, Warga Sumbertempur Lor Malang Laksanakan Penyembelihan Hewan Qurban

oleh -138 Dilihat
oleh
Foto : Tampak Ketua RT.002-RW.001 Juriyanto bersama warga melaksanakan penyembelihan hewan qurban (29/6'23).

Faktaexpose.com, MALANG – Idul adha merupakan peristiwa bagaimana Nabi Ismail mendengarkan dan patuh pada setiap perkataan orang tuanya. Maka, sejarah 10 Zulhijah tersebut perlu dimaknai oleh seluruh umat, yaitu untuk selalu hormat pada kedua orangtua.

Disebut Lebaran Haji, sebab bertepatan dengan pelaksanaan ibadah haji. Sementara, disebut Idul Qurban juga karena umat Islam meneladani kisah Nabi Ibrahim AS yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk mengorbankan anaknya sendiri, yaitu Nabi Ismail AS, kata Ustadz Yahmudi usai mengimami Sholat Idul Adha di masjid Al-Hikmah Sumbertempur Lor, Kamis pagi (29/6’23).

Dari sisi sejarah, perayaan Idul Adha ini membuat kita mengingat kembali kisah teladan Nabi Ibrahim AS beserta anaknya Nabi Ismail AS. Pada pada saat itu Allah SWT memerintah mereka untuk menempati sebuah lembah yang tandus, gersang, bahkan tak ada satu pun pohon yang tumbuh di sekitarnya, jelasnya pula.

Baca Juga  Direktorat Reserse Narkoba Polda NTB Studi Banding Pembentukan Kampung Tangguh Anti Narkoba Di Kampung Permata Kedaung Kaliangke Cengkareng

Lembah itu sepi dan sunyi. Tak ada seorang pun yang ada di sana. Perintah Allah SWT tersebut dijalankan Nabi Ibrahim AS sekeluarga dengan ikhlas dan penuh tawakkal, imbuh Ustadz yang juga pengelola tanah wakaf untuk majelis Jagong Maton dibawah Yayasan Pesantren Rakyat Sumberpucung ini.

Sementara itu, modin dusun Sumbertempur Lor, menyampaikan, untuk pelaksanaan qurban di wilayah dusun Sumbertempur Lor, dibawah koordinasi takmir masjid Al-Hikmah, ungkap Nurcholis.

Di masjid Al-Hikmah jumlah hewan qurban ada 9 ekor kambing, mushola Darul Mutaqin 1 ekor lembu, mushola Bustanul Huda 3 ekor kambing, waqaf (Mata Jagat) 2 ekor kambing, mushola Miftahul Huda 2 ekor kambing, mushola abah Ilyas 2 ekor kambing, mushola Al-Ikhlas 6 ekor kambing, dan RT.002-RW.001 sebanyak 4 ekor kambing, urainya. (John)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *