Kirab Hari Jadi Banyumas ke 452, Rute Jalan Sudirman Purwokerto Sementara Ditutup

oleh -546 Dilihat
oleh

Faktaexpose.com, PURWOKERTO – Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke-452 yang akan berlangsung pada hari Minggu, 19 Februari 2023. Dengan ada kegiatan itu Pemda Kabupaten akan ada penutupan dan pengalihan jalur selama Kirab Hari Jadi berlangsung.

Kirab Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke 452, direncakan akan mulai sekitar pukul 08.30 WIB.

Acara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke-452 yang paling ditunggu masyarakat khususnya warga Banyumas adalah kirab Budaya.

Karena kirab Banyumas 2023 ini menjadi yang pertama diadakan semenjak pandemi Covid-19 melanda.

Diperkirakan masyarakat akan tumpah ruah ke jalan untuk menyaksikan prosesi Kirab Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke-452. Selain itu Kirab Banyumas 2023 akan menghadirkan rangkaian menarik di dalamnya.

Kirab menghadirkan Bupati, pegawai pemerintahan hingga tokoh masyarakat yang lengkap mengenakan pakaian adat Banyumasan. Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setda Kabupaten Banyumas, Wakhyono mengatakan Kirab Banyumas 2023 akan semakin semarak dengan iring-iringan budaya.

Dari urutan rangkaian peserta Kirab Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke-452 dimulai dari petugas yang membawa Manggala Yudha, lambang daerah, tombak kyai genjring bersama umbul-umbul dan berturut-turut keris Kyai Gajah Endro, Keris Kiai Nalapraja, dan Keris Kyai Sempana Bener.

Selain itu petugas juga akan membawa foto Bupati Banyumas dari masa ke masa. Bertujuan warga Banyumas bisa mengenal dan mengetahui sejarah Kabupaten Banyumas dan juga Bupatinya yang pernah menjabat, baik sesudah maupun sekarang.

Baca Juga  Polisi Kembali Tercoreng, Oknum Polisi Diduga Jual Istri ke Sesama Polisi

Dimulai rute Rute Kirab Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke-452 dari halaman pendopo Rumah Wakil Bupati Banyumas. Kemudian menyusuri Jalan Jenderal Soedirman sepanjang 2 kilometer menuju Alun-Alun Purwokerto dan akan finish (akhir) di Bale Adipati Mrapat (Pendopo Sipanji).

Kirab ini untuk sementara Jalan Jenderal Soedirman akan ditutup sejak pukul 08.00 WIB. Jalan lain menuju pusat kota yang akan ditutup selama Kirab Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke-452.

10 Rute jalan sementara yang ditutup adalah :

  • Simpang KPKN arah Alun-Alun Purwokerto
  • Simpang Ragasemangsang arah Alun-Alun Purwokerto
  • Simpang Cikebrok arah Palma
  • Simpang Mutiara arah Cikebrok
  • Simpang Telkom arah Paparon Pizza
  • Simpang Sebelah RRI arah Brobahan
  • Simpang Kalibener arah Palma
  • Simpang Sd Kranji arah Aroma
  • Simpang Moro arah ke Simpang 4 Matahari
  • Jl . Sukarno (Gerilya) ke arah Jl. Sudirman .

Dan untuk lokasi parkir yang direkomendasikan bagi masyarakat yang akan menonton Kirab Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke-452 adalah halamanan makodim, Jalan Bank, Jalan Mayjend Sutoyo, Jalan Bung Karno (via Simpang 3 Jalan Bung Karno bagian selatan), Jalan Merdeka, Parkiran Moro dan Parkiran Rita Super Mall.

Rekomendasi lokasi parkir ini tidak resmi. Dan diharapkan masyarakat untuk mengunci kendaraanya saat diparkir.

Bagi masyarakat yang membawa kendaraan baik mobil maupun motor, saat mengendarai agar tidak menghalangi masyarakat lain maupun rombongan Kirab yang akan melewati jalur Kirab.

(Yons)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *