Kakorpolairud Naik Heli bersama Kabaharkam Polri Tinjau Kesiapan Arus Mudik di Merak dan Bakauheni

oleh -135 Dilihat
oleh

Faktaexpose.com, JAKARTA – Kepala Korpolairud Irjen Pol Mohammad Yassin Kosasih S.I.K., M.Si., M.Tr. Opsla bersama dengan Kabaharkam Polri Komjen Pol. Dr. Mohammad Fadil Imran, melakukan peninjauan langsung kesiapan pengamanan arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2024.

Dengan menggunakan 2 unit helikopter AW – 169, Kakorpolairud dan Kabaharkam Polri beserta Kakorsabhara, Karopenmas serta Rombongan melihat langsung melalui pantauan udara arus mudik Lebaran di sepanjang jalur Merak – Bakauheni – Lampung. Selasa (9/4/2024).

” Patroli udara ini dilakukan untuk meninjau arus dalam pengamanan Mudik dan Lebaran tahun 2024. Pantauan diawali dari arus lalu lintas di sepanjang ruas jalan tol, maupun area pelabuhan Merak dan Bakauheni via udara,” dikatakan Irjen Pol Muhammad Yasin Kosasih.

Sebelumnya, Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Yassin Kosasih telah melaksanakan serangkaian pengecekan di beberapa Pospam seperti di Kawasan wisata Ancol dan Bandara Soekarno Hatta untuk kesiapsiagaan dalam rangka Operasi Ketupat Tahun 2024.

Kembali pihaknya menjelaskan, Kegiatan pengecekan ini ditujukan untuk memastikan pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran di Jalan Tol maupun di Pelabuhan berjalan aman dan lancar.

Menurut Irjen Yassin Kosasih, kesiapan strategi dan pengecekan jalur dan Pos Pengamanan sejak dini sangat diperlukan untuk menekan ‘Zero Accident’ saat momentum arus mudik dan balik Lebaran 2024.

“Kami melakukan beberapa rangkaian pengecekan bersama Kabaharkam Polri dan Kakorsabhara untuk kegiatan pengamanan Operasi Ketupat 2024, terutama menghadapi arus mudik lebaran di Pelabuhan penyeberangan seperti Bakauheni dan Merak.” ujarnya

Sambung,” Karena seperti yang telah disampaikan oleh Bapak Mendagri, di tahun ini diprediksi pemudik akan mengalami peningkatan, namun demikian karena volume pemudik meningkat kita siagakan personel Polri khususnya personel Korpolairud Baharkam Polri dibantu dengan personel TNI dan beberapa Stakeholder terkait yang kita harapkan dapat bersinergi dalam pelaksanaan pengamanan arus Mudik Tahun 2024” sambungnya.

Baca Juga  Jelang Libur Nataru Penumpang Terminal Kalideres Meningkat 50%

Pada waktunya Kabaharkam Polri dan Kakorpolairud beserta rombongan juga menyempatkan diri melaksanakan vicon dengan para Kapos pelayanan mudik lebaran yang tersebar di wilayah hukum polda lampung, serta memantau secara langsung situasi dan kondisi di pos pelayanan lebaran.

Lebih lanjut, Menurutnya Kementrian Perhubungan sudah memperkirakan jumlah pemudik pada periode Hari Raya Idul Fitri tahun 2024 ini mencapai 193,6 juta orang. Perkiraan itu naik dari tahun lalu dengan jumlah pemudik sebanyak 123,8 juta orang dan operasi ketupat tahun 2024 ini, setidaknya ada 155.165 personel gabungan yang dikerahkan untuk memastikan mudik aman dan lancar. Serta disiapkan pula sebanyak 5.784 Pospam untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” pungkas Yasin.

“Kesiapan personel harus benar-benar all out dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran. Beberapa Inovasi yang telah diterapkan seperti ‘delaying system’, rekayasa lalu lintas kendaraan khususnya yang menuju Pelabuhan Penyeberangan seperti Merak dan Bakauheni dan menambah Radius Reservasi tiket untuk menghindari penumpukan kendaraan yang masuk ke pelabuhan” tutur Jenderal Bintang Dua tersebut.

“Kita juga menyiagakan personel SAR Polair dan beberapa peralatan – peralatan untuk memberikan pengamanan pada tempat wisata yang juga menjadi destinasi Libur Lebaran di tahun 2024 ini. Salah satunya seperti Pos Pengamanan di Kawasan Ancol, Jakarta Utara, ini merupakan wujud komitmen Polri untuk mendukung pemerintah khususnya Kementerian Perhubungan agar terciptanya Mudik Ceria, Penuh Makna” Imbuhnya.

(Yons)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *