JATIM KIRIM PEMUDANYA KE JAMBORE BELA NEGARA BAPERA

oleh -552 Dilihat
oleh

Faktaexpose.cim CIBUBUR – Pendidikan kewarganegaraan dilaksanakan melalui pembinaan kesadaran bela negara dengan menanamkan nilai-nilai dasar bela negara. “Nilai-nilai tersebut adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, mempunyai kemampuan awal bela negara,”

Selain sebagai kekuatan moral, kontrol sosial dan agen perubahan, pemuda memiliki tanggung jawab dalam pembangunan nasional untuk menjaga Pancasila sebagai ideologi negara, menjaga keutuhan NKRI, memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa, melaksanakan konstitusi, demokrasi dan tegaknya hukum.

Guna menjawab terwujudnya hal tersebut, Organisasi Kemasyarakatan Barisan Pemuda Nusantara (BAPERA) menyelenggarakan Jambore Tingkat Nasional Bela Negara, diikuti oleh anggota BAPERA seluruh Indonesia, yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cibubur, kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, dimulai tanggal 23 s/d 26 Maret 2022.

Didalam Pelatihan Bela Negara, Fahd El Fouz Arafiq selaku Ketua Umum BAPERA menyerahkan seluruh peserta kepada DanLat SatBrimob Polri AKBP Ahmad Setiadi, S.I.K., untuk dibina menjadikan sebagai pemuda yang tangguh dan berjiwa kebangsaan.

“Sebagai generasi penerus Bangsa Indonesia, generasi muda Indonesia harus mengetahui tantangan dan peluang yang akan dihadapinya,” tandas Fahd.

Pada kesempatan yang sama, AKBP Ahmad Setiadi, S.I.K., menyampaikan terimakasih telah diberikan kepercayaan mewakili komandan tertinggi pada institusinya untuk menggarap suatu kegiatan yang sifatnya membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai tujuan meningkatkan idiologi Pancasila dan UUD 1945″, tegasnya.

Baca Juga  hARTmonie Bazar Ramadhan dan hARTmonie Painting Exhibition100x100di Harmonie Exchange 11 April - 7 Juni

”Sehingga nanti peserta yang di didiknya akan memiliki peningkatan nilai kecintaan kepada Bhineka Tunggal Ika sebagai cerminan sikap ke-bhinekaan yang tumbuh dalam diri generasi muda sebagai generasi penerus bangsa,” jelasnya pula.

Pada kesempatan yang sama, AKBP Ahmad Setiadi, S.I.K., menyampaikan terimakasih telah diberikan kepercayaan mewakili komandan tertinggi pada institusinya untuk menggarap suatu kegiatan yang sifatnya membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai tujuan meningkatkan idiologi Pancasila dan UUD 1945″, tegasnya.

”Sehingga nanti peserta yang di didiknya akan memiliki peningkatan nilai kecintaan kepada Bhineka Tunggal Ika sebagai cerminan sikap ke-bhinekaan yang tumbuh dalam diri generasi muda sebagai generasi penerus bangsa,” imbuhnya pula.

Sementara itu, Saefudin selaku pemangku amanah sebagai pendamping peserta dari Bapera Provinsi Jawa Timur, mengirimkan anggota Bapera yang diwakili dari daerah Kabupaten Malang, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Bojonegoro, ungkap Udin nama sapaannya.

Harapan dari pelatihan bela negara lewat kegiatan Jambore Tingkat Nasional Bela Negara Bapera, sekembalinya bisa menjadi pemuda yang tangguh, menjadi contoh pemuda lain di daerahnya yang berwawasan kebangsaaan, berjiwa Pancasila dan Ke-Bhinekaan, serta ikut menjaga keutuhan NKRI. SEMOGA ! (John)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *