HUT Kota Tangerang Ke- 30 Tahun, RSUD Kota Tangerang Mengajak Ratusan Pelajar Ikuti Giat SIGIBER

oleh -318 Dilihat
oleh

,KOTA TANGERANG. – Dalam rangka memperingati HUT PDGI ke -73 dan HUT Kota Tangerang yang ke 30 Tahun. RSUD Kota Tangerang berkolaborasi dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kota Tangerang dan Puskesmas Karawaci Baru, menggelar bakti sosial kepada para pelajar SMP, SMA dan SMK Nusantara Perumnas 1 Kota Tangerang, yang digelar selama 2 hari, Jumat-Sabtu, 24-25 Februari 2023
Kegiatan penyuluhan pada hari Jumat, 24 Februari 2023 menyuguhkan materi Penyuluhan Gizi tentang “Pola Makan yang Sehat Untuk Cegah Anemia” yang disampaikan oleh Dokter Spesialis Gizi Klinik RSUD Kota Tangerang, dr. Anak Agung Eka Widya Saraswati, SpGK. Acara dilanjutkan dengan pemeriksaan mata dan konsultasi mata oleh Dokter Spesialis Mata, dr. Ety Darmaela, SpM.

“Bakti sosial ini merupakan momen Kolaborasi RSUD Kota Tangerang dengan organisasi profesi PDGI Cabang Tangerang,dilaksanakan di sekolah dengan sasaran anak remaja, dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa-siswi sekolah untuk peningkatan kualitas Kesehatan, dr Puja Ratnasari, Ketua PKRS RSUD Kota Tangerang menambahkan. Sementara dr Ety Darmaela, SP M menyampaikan “hasil pemeriksaan mata ditemukan 20 siswa yang membutuhkan tindak lanjut pemeriksaan di Rumah Sakit, diharapkan akan dibuatkankan rujukan dari puskesmas sehingga siswa dapat memperoleh resep untuk pembuatan kacamata”.

Bakti sosial hari ke-2 diisi dengan penyuluhan gigi dan mulut, pemeriksaan dan praktek sikat gigi Bersama. “Hari ini PDGI Tangerang menggandeng RSUD Kota Tangerang dan Puskesmas Karawaci Baru menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa Baksos selama dua hari dari kemarin. Ada 100 dokter spesialis gigi yang berpartisipasi dalam giat yang bertujuan memperingati HUT PDGI ke -73 dan HUT Kota Tangerang yang ke 30 Tahun” ucap Ketua PDGI Tangerang drg. Khairati.Mkes saat diwawancara Awak media di lokasi.

Baca Juga  SEMMI Se Aceh Sukses Gelar Diskusi Publik Di MAN Insan Cendekia

“Alhamdulilah, antusias pihak sekolah dan para pelajar SMP, SMA, dan SMK Nusantara 1 Kota Tangerang sangat bagus. Mereka senang dengan adanya edukasi dan penyuluhan kesehatan oleh para dokter ahlinya langsung dalam kegiatan ini. Harapan kedepannya, saya berharap PDGI Cabang Tangerang bisa memberikan waktu luangnya agar bisa memberikan pengabdian kepada masyarakat diberbagai event apapun,” kata Ketua PDGI Tangerang Drg. Khairati.Mkes kepada wartawan.


Khairati menambahkan “Ada tiga poin utama yang tersirat dalam kegiatan yang sangat bermanfaat ini. Mulai dari tehnik keterampilan dalam memelihara kesehatan gigi, edukasi menjaga kesehatan gigi dan sekaligus memberikan pengetahuan seputar kesehatan gigi,” ujarnya.
Sementara, Drg.Rani Handayani, Sp.PM, perwakilan dari RSUD Kota Tangerang mengatakan, di hari kedua pelaksanaan baksos ini kita lakukan penyuluhan kesehatan Gigi. ” Kalau hari kemarin, kita ada edukasi kesehatan Mata dan Gizi juga bagi 500 pelajar yang ada di sekolah ini. Baik dari siswa SMP, SMA dan SMK itu kita berikan penyuluhan tentang kesehatan,” ujarnya.


”Jadi, setelah adanya kegiatan ini nantinya mereka akan mendapatkan pengetahuan kesehatan dan informasi dari temen temen dokter gigi. Sehingga para remaja pun akan menjadi paham, bahwa kesehatan mulut yang baik adalah bagian terpenting untuk meningkatkan kualitas mereka juga pastinya,” pungkasnya.(/rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *