Giat PHBS Warga RW.05 Kelurahan Karangsari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang

oleh -610 Dilihat
oleh

.

Faktaexpose.com – Tangerang, Memasuki awal bulan Februari, minggu, 05/02/2023, Lurah Karangsari Sech Muhamad Rasad, S.IP, M.Si., bersama Ketua RW.05 Asmat dan RT.03 Jayadi, serta seluruh warga bersama sama mengadakan kegiatan kerja bakti menuju Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Menurut Lurah Karangsari juga mantan pemain bola PERSITA Tangerang, Sech Muhamad Rasad, S.IP, M.Si,. menyampaikan arahan programnya kepada warga RW.05 dalam kegiatan yang bertajuk “Aku Hatinya PKK” dengan hidup mandiri dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dan mengajak masyarakat bersama sama memanfaatkan halaman dan pekarangan rumah untuk di tanami aneka tanaman obat keluarga (toga), sayuran dan tanaman hias, serta ber Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ).

PHBS merupakan upaya yang harus dilakukan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal bagi setiap orang. Dimana kondisi sehat, tak serta merta terjadi, melainkan harus senantiasa di upayakan, dari yang tidak sehat menjadi hidup yang sehat serta menciptakan lingkungan yang sehat pula, “Imbuhnya”.

Sementara penyuluhan kegiatan PHBS berlangsung mulai dari hari Sabtu, 4 February 2023 oleh Satgas PHBS PKK Kelurahan Karangsari Ibu Tuminah, kepada warga RW.05 tentang indikator PHBS yang bisa dilakukan masyarakat. Seperti pentingnya mencuci tangan dalam menjalankan hidup sehat. “Sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Karena tangan kita adalah bagian yang banyak melakukan kegiatan,” katanya.

Tak hanya itu, menggunakan toilet untuk buang air kecil atau besar, menggunakan air bersih dan mengalir, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bersih, menjaga kebersihan diri dengan cara mandi teratur, memberantas jentik nyamuk, berolahraga secara rutin, membuang sampah pada tempatnya, menghentikan kebiasaan merokok, memberikan ASI eklusif pada balita, yang bisa dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan masyarakat.

Baca Juga  Polisi Tetapkan Tersangka Pelaku Cabul 12 Siswi Madrasah di Baturetno, Langsung di Tahan

Kegiatan PHBS terus berlanjut hingga hari minggu, 05 February 2023 mulai pukul 07.00 – 17.00 wib, lokasi di sekitar masjid Daarul Muttaqin hingga sepanjang Gang RT.03/05.
Hadir dalam kegiatan tersebut Lurah Karangsari Sech Muhammad Rasad, S.IP, M.Si. beserta Ibu Lurah di dampingi Ketua RW.05 Asmat serta RT.03 Jayadi, serta beberapa tokoh masyarakat dan warga sekitar.

Pemkot Tangerang terus berupaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat kota Tangerang sebagai wujud pelayanan pemerintah kepada masyarakat yang sejalan dengan misi Walikota Tangerang.

Warga menyambut baik dan merasa antusias dengan adanya kegiatan PHBS ini, disamping menambah keakraban antar warga di tengah kesibukan tiap harinya, juga merasa senang bertemu langsung dengan Lurah Karangsari, yang baru menjabat 3 bulan berjalan, tepatnya mulai tanggal 07 November 2023, yang hadir di lokasi tepat waktu pukul 07.00 wib.

Semoga kerjasama semua pihak yang terkait, baik antar warga, tokoh masyarakat serta dukungan support dari Lurah Karangsari demi terwujudnya cita-cita bersama, tidak hanya sekedar untuk memenangkan Lomba PHBS, terlebih bahwa warga RW.05 dapat menjalani hidup sehat, rukun, damai, aman, nyaman dan sejahtera, sejalan dengan tujuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.
(red/pri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *