GELAR SELAMATAN JAJAN PASAR, FPK DUKUNG PEMBANGUNAN KEMBALI THR

oleh -71 Dilihat

SURABAYA, faktaexpose – Setelah digaungkan Walikota Surabaya Eri Cahyadi, rencana pembangunan kembali Taman Hiburan Rakyat (THR) direspon positif oleh Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jatim dengan menggelar acara Selamatan Jajan Pasar di halaman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Surabaya, Senin siang (30/1’23).

Ki Bagong Sabdo Sinukarto selaku Ketua Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jawa Timur, mengatakan, jika acara ini sebagai bentuk apresiasi seniman untuk Walikota Surabaya atas rencana menghidupkan kembali THR, ujarnya.

Apresiasi tersebut diwujudkan dalam acara Selamatan Jajan Pasar yang merupakan bentuk dukungan kultural kepada Pemkot Surabaya.

Ki Bagong juga menandaskan, jika tidak mempermasalahkan siapa dan berapa biaya pembangunan, karena hal itu bukan kewenangan seniman. Namun tidak menampik juga, jika diminta masukan terkait konsep pembangunan, tandasnya.

Disingung tentang rencana pembangunan ini hanya upaya mencari simpati, Ki Bagong optimis jika Walikota Surabaya tidak akan tega membohongi seniman. “Saya optimis dan percaya, tidak mungkin pak walikota tega membohongi seniman,” ujar seniman asal Surabaya ini.

Baca Juga  Bupati¬†Salurkan Sembako Dan Minta Gampong¬† Bentuk Tim Tanggap Bencana

Dalam kesempatan yang sama, salah satu seniman Jawa Timur, Didik Soemintardjo menjelaskan, jika THR bukan hanya milik warga Surabaya, akan tapi juga Jawa Timur bahkan Indonesia.

Menurutnya, tidak berlebihan jika para seniman Jawa Timur merasa ikut memiliki keberadaan THR sebagai ikon kebudayaan di Jatim, jelas Didik.

“Kami merasa melu handarbeni THR sebagai pusat kegiatan budaya di Jawa Timur yang sudah melegenda” ujar budayawan asal Kota Batu ini.

Dalam acara tersebut dilakukan Ujub (do’a berbahasa Jawa) oleh Yongki Irawan, budayawan dari Malang.

Hadir dalam acara tersebut beberapa seniman dari Malang, Batu, Pasuruan, Mojokerto, Sidoarjo dan tentunya Surabaya.(John/Nova)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.