Dirjen PSDKP Ungkap Penyelundupan Ratusan Juta Benih Bening Lobster ke Vietnam

oleh -126 Dilihat
oleh

Faktaexpose.com, JAKARTA – Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) pada Kementerian Kelautan dan Perikatan (KKP) Laksamana Muda TNI, Adin Nurawaluddin, memprediksi 600 juta benih bening lobster (BBL) asal Indonesia bocor ke Vietnam.

“Aktivitas penyelundupan BBL terbesar saat ini dilakukan ke negara Vietnam, itu bisa dilakukan baik via udara atau kargo, hingga laut. Kalau melalui udara itu, mereka diselundupkan dengan disembunyikan berbagai modus, bisa disembunyikan di dalam koper atau melalui pengiriman kargo langsung dari Indonesia menuju Vietnam,” kata Adin di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin, (4/12/) 2024.

Dari kebocoran BBL itu, ditapsir adanya kerugian negara mencapai Rp30 triliun. Yang mana terdata, pada periode tahun 2023 ini telah dilakukan pengagalan penyelundupan BBL melalui Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 7 kali oleh Polresta, Bareskrim, Bea Cukai dan Aviation Security (Avsec) dengan barang jumlah bukti BBL sebanyak 522.498 ekor.

Disebutkan Adin kerentanan penyelundupan,” untuk jalur udara nyatanya paling rentan terjadi penyelundupan berada di Bandara Soekarno Hatta (Tangerang), Bandara IR. Djuanda (Surabaya) dan Bandara I Gusti Ngurah Rai (Bali).

Baca Juga  Tokoh Pemuda Sulawesi di Hari Kebangkitan Nasional Ajak Generasi Bangsa Memajukan Negara Dengan Semangat Untuk Bangkit

Tidak hanya udara, proses penyelundupan juga bisa terjadi melalui jalur laut, dengan menumpang kapal laut menuju Singapura kemudian ke Vietnam.

“Bisa menyeberang melalui perairan Indonesia. Dari Merak, menuju Bakahuni Lampung, lanjut perairan Jambi, Palembang, melintas Batam, sampai di Singapura akan dire-pack agar tak ketahuan, barulah lanjut dikirim ke Vietnam,” sebutnya.

Untuk itu, pihaknya membentuk satgas atau tim untuk memperketat kembali pengawasan dan penindakan terhadap upaya-upaya penyelundupan tersebut.

“Hari ini kita melaksanakan Apel Kesiapan Operasi Pengawasan dan Penindakan BBL di Bandara Soekarno Hatta, yang bertujuan untuk mengecek kekuatan riil kita yang siap dalam melaksanakan tugas di Sektor operasi pengawasan penyelundupan BBL khususnya di Bandara Soekarno Hatta dan, kami akan pastikan tidak ada lagi kebocoran atau penyelundupan, kami putus, sekat dan tindak aksi penyelundupan tersebut,” paparnya.

(fex)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *