CANDI KIDAL MENJADI SEJARAH PERINGATAN HUT PAKASA

Faktaexpose.com Candi Kidal, Tumpang – Paguyuban Kawula Karaton Surakarta Hadiningrat (Pakasa) Keboarema Malang Raya, melaksanakan seremonial Peringatan HUT Pakasa ke-90 di Candi Kidal, Tumpang – Kabupaten Malang, Senin pagi (29/11’21).

Candi Kidal menjadi tempat bersejarah bagi seremonial Peringatan HUT Pakasa, karena baru pertama kali dilakukan di tempat yang bersejarah bagi rakyat Indonesia.

KRT. Muhammad Nuh Setyonagoro, SH.MH. selaku Ketua Pakasa Keboarema Malang Raya mengatakan, bahwa kegiatan peringatan ini adalah sebagai wujud melestarikan budaya dan adat istiadat Jawa, khususnya Adat Istiadat Karaton Surakarta Hadiningrat, katanya.

Dan pada waktu yang hampir bersamaan yaitu tepat pukul 11.00 wib tanggal 29 November 2021, harus dilaksanakan Do’a bersama pesan dari Ketua Pakasa KPH Eddy S. Wirabhumi, jelas Nuh.

Adapun acara peringatan HUT Pakasa yang ke-90 Malang Raya ini tidak hanya digelar di Candi Kidal saja, tapi juga digelar di Desa Sempol Kecamatan Pagak, yaitu pertunjukan wayang kulit dengan dalang muda Ki Soleh, imbunya.

Di waktu yang sama MNg. Moeljono Hadi Prasetyo selaku wakil dari Panitia Pelaksana, mengungkapkan, bahwa kita mengambil tempat di Candi Kidal karena tempat ini adalah dimana Lambang Burung Garuda Pancasila diambil dari relief Jatayu yang ada di candi, ungkapnya.

Adapun rangkaian acara adalah Kirab Panji yang terdiri dari Bendera Merah Putih, Lambang Garuda Pancasila, Panji Radya Laksana, dan Panji Pakasa, lalu disambung menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Kemudian Prosesi Ritual Candi Kidal, dengan Kirab Tumpeng, Ujup Tumpeng,
Do’a Dharma Anusapati, dan Do’a Islam. Dan acara ditutup dengan panglipur tari malangan Bapang, jelas moel.

Acara peringatan HUT Pakasa ke-90 dihadiri oleh Letjen (purn) TNI KRAT. H. Umar Abdul Aziz Resksonagoro, S.Sos., SH.MHum. (selaku Paranpara Pakasa Keboarema), Jamiat BPCB Jawa Timur, DPRD Kota Malang, Danramil 0818/22 Tumpang, Muspika Tumpang, Pemerintah Desa Kidal, Budayawan KRAT. Djati Koesumo, Ki Suryo, Ki Soleh Adi Pramono, Suroso Ketua DKKM Kabupaten Malang, Ki Bagong Ketua FPK Jawa Timur, Budayawan Malang Raya, segenap Panitia, dan masyarakat.

Mengingat situasi masih PPKM, maka acara ini mentaati protokol kesehatan yang didukung oleh Klinik DIAN KUSUMA WIJAYA dan Team Ambulance Malang (TAM), pungkas Moel. (John)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Wujud Kepedulian,Kapolsek Kalideres Bagikan Bingkisan Sembako Untuk Wartawan

Wed Dec 1 , 2021
Faktaexpose.com JAKARTA – Sebagai wujud kepedulian dan sinergitas dengan awak media Kapolsek Kalideres AKP.Hasoloan Situmorang memberikan bingkisan berupa sembako kepada awak mediayang ada di wilayah hukum Polsek Kalideres. Kapolsek Kalideres AKP. Hasoloan Situmorang mengatakan,pemberian paket sembako tersebut adalah salah satu bentuk kepedulian kepada sesama bukan hanya kepada wartawan tapi juga […]