Beralasan Tidak Ribet, Terminal Bayangan Masih Jadi Pilihan Para Pemudik

oleh -436 Dilihat
oleh

faktaexpose.com, JAKARTA – Menggunakan jasa angkutan bus AKAP angkutan lebaran terminal bayangan masih saja menjadi pilihan para pemudik lebaran untuk lintas Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Berdasarkan pantauan media, di sejumlah terminal bayangan diantaranya di Jalan Latumenten, Grogol, Grogol Petamburan, Senin (25/4/2022) beberapa penumpang menyebutkan, mereka setiap mudik lebaran idul fitri lebih memilih bus yang mangkal diruas jalan yang lebih dekat dari tempat tinggal mereka.

Salah satunya Basri (43) calon penumpang bus AKAP tujuan Jawa Tengah mengaku, bahwa dia setiap pulang kampung hari biasa ataupun mudik lebaran selalu naik bus yang mangkal di Jalan  Latumenten Grogol.

“Saya setiap pulang kampung di hari biasa maupun menjelang lebaran (mudik) lebih memilih naik bus yang ada di Jalan Latumenten, karena dekat dengan tempat tinggal saya,” ujar Basri saat menunggu keberangkatan bus di Jalan Latumenten, Senin (25/4/2022).

Basri juga mengungkapkan, kena apa dirinya setiap mudik lebaran memilih bus di terminal bayangan?. Basri beralasan, disamping dekat dengan tempat tinggalnya, kalau di terminal bayangan tidak terlalu banyak aturan.

“Kalau saya naik bus di jalan gak banyak aturan apalagi sekarang ini jamannya masih pandemi, coba kalau saya ke terminal Grogol atau Kalideres dipastikan ditanya sudah vaksin belum gitu, sedangkan saya belum vaksin Booster pasti disuruh antigen,” tandasnya.

Sementara Zhara calon penumpag mudik menuju Jepara Jawa Tengah juga mengatakan, bahwa dirinya ketika mau mudik lebaran naik dari terminal, ongkosnya dua kali lipat, malesnya lagi ketika sampai dalam terminal langsung ditarik-tarik banyak orang yang ia belum kenal.

Baca Juga  Soal Pengungkapan Kasus Pencurian HP di Bandara Ngurah Rai, Polisi Sudah Bertindak Profesional dan Sesuai Prosedur

“Saya pernah waktu mau mudik naik bus dari terminal, udah ongkosnya ke terminal mahal, ribetnya bawa barang, begitu sampai di terminal ditarik-tarik banyak orang dan banyak tawaran naik bus ini dan itu pusing saya,” ujarnya.

Sementara Kasi Ops Sudin Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Barat Afandi, mengatakan, bahwa pihaknya sudah melakukan secara rutinitas pengecekan dimana titik-titik terminal bayangan yang dijadikan tempat mangkalnya bus AKAP di wilayah Jakarta Barat.

“Terkait terminal bayangan, kami sudah melakukan pengecekan secara rutin dimana titik rawan yang dijadikan terminal bayangan.

Dari hasil pengecekan dilapangan yang  kami data ada 23 titik terminal bayangan di Jakarta Barat,” kata Afandi saat dikonformasi di kantornya, Senin (25/4/2022).

Dia juga menyebutkan, dari 23 titik terminal bayangan kemudian dilakukan pengkajian dan selanjutnya dilakukan operasi dimana ada bus yang mangkal di terminal bayangan langsung ditindak kemudian dikandangkan di pool Kantor Sudin Perhubungan Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat.

“Dari sejak Januari hingga April 2022 saat ini, kami susah menindak 192 bus AKAP semua dari terminal bayangan dan berkasnya secara keseluruhan masuk di Pengadilan Negeri untuk disidangkan,” jelas Afandi.

(Yons/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *