ASAL USUL DESA PANDANLANDUNG

oleh -4903 Dilihat
oleh

Faktaexpose.com MALANGKAB – Desa Pandanlandung yang mempunyai luas are 404.676 Ha, dan berpenduduk 9.730 orang.

Pandanlandung adalah desa dari 12 desa di wilayah Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, yang mempunyai 7 RW dan terdiri dari 38 RT.

Yang memiliki banyak sejarah dalam perjalanan desa untuk menjadi seperti sekarang.

Nama Pandanlandung berasal dari gabungan kata “Pandan” dan “Landung”. Pandan yang berarti nama sebuah tanaman, dan Landung (bahasa Jawa) merupakan panjang.

Yang bisa diartikan, bahwa jenis tanaman pandan yang daunnya panjang adalah “Pandan Alas”, yang sisi daunnya bergerigi.

Jenis tanaman ini biasa dipakai sebagai bahan tikar atau kelasa (bahasa Jawa), yang biasa disebut oleh masyarakat dengan nama “Tikar / Kelasa Pandan”.

Kemungkinan para pendahulu yang menghuni desa tersebut membuat kerajinan tikar dari pandan alas tersebut.

Baca Juga  ARJOWILANGUN PENUH KHARISMA BUDAYA DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Wiroso Hadi selaku Kepala Desa Pandanlandung juga memberikan informasi, bahwa dahulu banyak orang Pandaan (Sidoarjo) dan Bangil (Pasuruan) yang pindah (pandahan) dan bertempat tinggal, yang bicaranya panjang-panjang (Landung, bahasa Jawa), katanya.

Namun pendapat asal usul nama Desa ini juga belum pasti, kalau berdatangnya orang dari Pandaan dan Bangil, pasti, jelasnya.

Menurut Ketua Lembaga Olah Kajian Nusantara (LOKANTARA) Moeljono Hadi Prasetyo, dari sumber informasi yang didapat tentang asal-usul Desa Pandanlandung, kemungkinan besar yang mendekati kebenaran adalah dari banyaknya Tanaman Pandan Alas pada waktu itu, ungkap Moeljono.

Akan kebenaran asal-usul nama Desa dan Siapa Bedah Kerawang, tentunya perlu digali potensi sejarahnya. Sehingga menjadikan acuan didalam pembuatan Profil Desa, pungkasnya. (John)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *